UMKM AGRO MILENIALS PERKENALKAN PRODUKSI MINUMAN SEHAT DAN SEGAR “BUBUK JAHE MERAH MEDAN” ( Oleh : Fachrizal, SE.,MM – Ketua JMI Sumut )

 

Medan-Sumut [iNews24jam.id], Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Agro Millenials mulai memperkenalkan produk unggulannya berupa “Bubuk Jahe Merah Medan”. Produk Bubuk Jahe Merah Medan ini seratus persen murni berasal dari bahan baku bubuk jahe merah. 

UMKM Agro Milenials ini merupakan binaan dari Kelurahan Besar, Kecamatan Medan Labuhan yang dibangun dan dimulai dari Visi dan Misi sebagai dasar kebijakan manajemen. Jahe Merah ini merupakan salah satu jenis rempah yang sudah lama dikenal di tanah air dan sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya untuk meningkatkan daya tahan tubuh. 

“Dalam menjalankan usahanya UMKM Agro Millenial saat ini sedang mengenalkan produknya ke berbagai wilayah Indonesia seperti Medan, Aceh, Bogor, Jakarta, Surabaya, dan Kalimantan. Sasaran pasar yang telah ditargetkan perusahaan menjadi peluang besar bagi UMKM Agro Milenials. Namun demikian hal itu tidaklah mudah seperti apa yang diimpikan, tentunya perlu pengorbanan pikiran, tenaga, dan waktu.


Kita berkeyakinan usaha ini dapat dikembangkan dengan membuka jaringan kerja ke daerah-daerah pariwisata dan perkebunan di Indonesia.” Demikian kata Fachrizal, SE.,MM selaku Ketua Umum Jurnalis Media Independen Sumatera Utara yang juga sebagai salah satu tim inti manajemen UMKM Agro Millenials.

“Disamping itu UMKM Agro Millenails juga menjajaki jangkauan pasar dengan membangun kerjasama dengan beberapa institusi pemerintah dan swasta.” Demikian jelasnya.

Pada mulanya UMKM Agro Milenials ini digerakkan dengan tujuan untuk memaksimalkan manfaat budidaya jahe merah sebagai minuman sehat dan segar, kemudian upaya untuk menciptakan lapangan kerja. Dari kedua hal inilah berawal lahirnya UMKM Agro Milenials untuk memproduksi minuman bubuk jahe merah. 

“Kalau kita lihat kondisi ekonomi kita saat ini mikro maupun makro hampir semuanya merasakan dampak yang cukup berat terutama sejak adanya pandemi covid19, dan yang sangat memprihatinkan lagi para pengusaha kecil yang mengalami keterpurukan ekonomi sulit untuk bangkit kembali. Untuk mengatasi dari kesulitan inilah UMKM Agro Millenials mencoba untuk menggali berbagai peluang sehingga diharapkan nantinya akan mampu keluar dari kondisi ekonomi yang sulit.” Jelas Fachrizal 

Dengan adanya usaha produksi bubuk jahe merah ini diharapkan nantinya dapat saling membantu dan sekaligus bekerja sama dengan para petani jahe sebagai pemasok bahan baku jahe merah. Minuman Bubuk Jahe Merah ini sangat cocok dan nikmat kalau dicampur dengan kopi ataupun susu. Dan produk ini dapat dihidangkan untuk minuman keluarga dan di kantor tempat bekerja.

Walaupun usaha ini tergolong masih baru namun demikian UMKM Agro Millenials saat ini sudah mampu memproduksi bubuk jahe merah dengan kisaran 5000 sachet per bulannya dengan kemasan yang menarik dan praktis dibawa kemana saja. Manajemen UMKM Agromilenals bertekad untuk terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen.

Pada kesempatan ini juga kami mengharapkan kepada pihak pemerintah Provinsi Sumatera Utara terkait dengan UMKM dapat memberikan kemudahan-kemudahan khusus dengan melakukan pembinaan, pelatihan dan bantuan lainnya yang dapat mendorong peningkatan produktivitas UMKM di Sumatera Utara. Saya berkeyakinan tentunya banyak peluang yang dapat membantu para pengusaha Mikro Kecil dan Menengah yang diperoleh dari pemerintah. “Oleh Karena itu saya sangat mengharapkan pemerintah dapat lebih terbuka memberikan informasi-informasi penting tentang peluang, pembangunan, dan pengembangan UMKM di Provinsi Sumatera Utara" demikian tutup Fachrizal.


Post a Comment

Previous Post Next Post