LIMBAH BATOK KELAPA MENJADI SUMBER PENGHASILAN TAMBAHAN BAGI IBU HALIMATUN SAKDIAH SEMBIRING


DELI SERDANG.(Inews24jam). Batok kelapa merupakan bagian dari limbah kelapa yang sering kali dibuang begitu saja di pasar-pasar tradisional, padahal batok kelapa tersebut adalah bahan baku utama untuk diolah menjadi arang. 

Salah seorang warga di Kabupaten Deli Serdang tepatnya di Desa Selemak dusun III Kecamatan Hamparan Perak Ibu Halimatun Sakdiah Sembiring menjadikan Batok Kelapa sebagai salah satu sumber penghasilan tambahannya, dengan prinsip bahwa tidak ada yang sia-sia di dunia ini, beliau pun memulai usaha Arang Batok Premium. Mengapa harus membuat Arang Batok Premium ? sebab arang batok premium mempunyai manfaat yang sangat berlebih dibandingkan arang biasa antara lain mengurangi aroma tak sedap pada daging/ikan yang dipanggang, lebih hemat pemakaian dibandingkan dengan arang biasa, ikut membantu mengurangi penebangan hutan mangroeve.

Produk arang batok premium ini dapat diproduksi sesuai dengan kebutuhan pasar Resto dan menjadikan produk unggulan. Seperti salah seorang pedangan sate padang Uda Ferry, beliau mengatakan "Selama saya menggunakan arang batok premium ini, keuntungan saya meningkat dengan menghematnya pembelian arang untuk pembakaran, bisanya saya menggunakan arang kayu untuk membakar sate bisa menghabiskan 2 kg arang, kalau menggunakan arang batok premium, saya bisa menghemat membakar 1000 cucuk sate dalam 1 kg arang batok premium, bahkan selama saya menggunakan arang batok premium, sate yang saya bakar lebih wangi, percikan api waktu dikipas tidak ada bahkan debunya pun tidak lengket di sate saya". ungkap Uda Ferry  

Pengolahan batok kelapa menjadi arang dapat dilakukan dengan cara pembakaran. Setumpuk batok kelapa dimasukkan kedalam drum, kemudian batok kelapa dibakar. Setelah itu batok kelapa yang belum dibakar dimasukkan satu persatu kedalam drum.

Hal itu terus menerus dilakukan sampai drum penuh dengan batok kelapa tersebut. Setelah penuh, drum ditutup dan seluruh batok kelapa di dalam drum mengalami proses pembakaran, lambat laun batok kelapa akan menjadi arang batok premium yang berkualitas. Kemudian batok kelapa yang sudah dijadikan menjadi arang batok premium dipasarkannya dengan harga Rp. 8.000 per kg. Ibu Halimah mengaku pesanan arang batok premium buatannya semakin meningkat setiap harinya. Hal ini disebabkan arang batok premium yang diproduksinya ternyata dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi pelaku usaha Resto. 

Sayangnya jumlah batok kelapa sebagai bahan baku utama pembuatan arang batok premium masih sangat terbatas. Tetap Ibu Halimah tetap memenuhi permintaan pasar Resto walaupun stok arang batok premium terbatas produksinya. (Red)

 

Post a Comment

Previous Post Next Post