Pengurus DPW APBMI Sumut mengadakan Acara Buka Bersama sekaligus Penyerahan Santunan Kepada Anak Yatim Piatu di Belawan

 

MEDAN [iNews24jam.id] Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Asosiasi Perusahaan Bongkar Muat Indonesia Sumatera Utara mengadakan Acara Buka Bersama di Belawan Seafood Restaurant, pada Rabu (25/04/2022) yang bertepatan pada 23 Ramadhan 1443 H.

Acara Buka Bersama ini dihadiri oleh beberapa anggota Pengurus APBMI Sumut dan para stake holder di daerah wilayah Belawan diantaranya Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan, GM PELINDO Belawan, Branch Manager Subholding Pelindo Multi Terminal, SPV Pelindo Multi Terminal.

Dalam acara tersebut dihadiri juga Ketua Koperasi TKBM Upaya Karya, ketua SPSI Belawan, Ketua ALFI/ILFA Sumut, ketua INSA Sumut, ketua ISAA Sumut, ketua GPEI Sumut, ketua Ginsi Sumut, serta ketua Paguyuban Agent Pelabuhan Belawan.

Kegiatan Acara Buka Bersama ini diadakan pada sore hari menjelang Maghrib yang diisi dengan Tausyiah oleh Al Ustadz H Nurwahabi, Spdi yang bertemakan “ Puasa akan meningkatkan Ketaqwaan dan Tingkat Kesabaran Ummat “, dalam tausyiah tersebut juga mengutip dari Surah Al Baqarah ayat 183 yang artinya “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. Dari Surah Al Baqarah Ayat 183 menjelaskan tentang perintah untuk berpuasa, dalam bahasa Arab, puasa berasal dari kata shaum atau shiyam yang artinya menahan. Sedangkan menurut istilah, puasa adalah menahan diri dari segala yang membatalkannya dengan cara-cara yang khusus. Puasa dilakukan mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari.

Kewajiban puasa dalam ayat di atas dilakukan untuk mendidik jiwa, mengendalikan syahwat, dan menyadarkan bahwa manusia memiliki kelebihan dibandingkan hewan. Selain itu, puasa dilakukan agar manusia senantiasa bertakwa dengan melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya. Puasa ini juga telah diwajibkan atas umat para nabi terdahulu. Puasa juga melatih manusia untuk melatih kesabaran serta meningkatkan ketaqwaan manusia, ungkap Al Ustadz H Nurwahabi, Spdi.

Tausyiah dirangkai dengan Pemberian Santunan untuk 50 Anak Yatim Piatu yang ada di wilayah Belawan dan sekitarnya. Dalam kata sambutan Ketua DPW APBMI Sumut Salomo VC Nababan berharap dengan acara buka puasa bersama ini dapat semakin mempererat tali silaturahmi antara APBMI dan para Stake Holder, demi tercapainya  percepatan Operasional di Pelabuhan Belawan, ungkap Ketua DPW APMBI Sumut ini didepan seluruh para peserta acara buka puasa bersama tersebut. Kegiatan Acara Buka Puasa Bersama ditutup dengan acara bersalaman dan foto bersama. [AnD]

Post a Comment

Previous Post Next Post