Korban Kekerasan Seksual mengadu ke BAHU DPW NASDEM Sumut

 


Badan Advokasi Hukum (BAHU) DPW Partai NASDEM Sumut, yang tergabung dalam Posko Pengaduan kekerasan Seksual, mendapingin Keluarga korban kekerasan Seksual terhadap anaknya untuk melanjutkan proses pemeriksaan di Polres Binjai, Sumatera Utara. Pendampingan Hukum oleh para advokat BAHU DPW Nasdem Sumut ini, atas permintaan dari pihak Keluarga agar pelaku dugaan pencabulan terhadap anaknya bisa di proses secara hukum yang adil bagi anak dan keluarganya.

Hal ini disampaikan oleh Ariffani, SH selaku Ketua BAHU DPW Sumut, pada awak media sesaat setelah selesai menerima pengaduan Keluarga korban dan menandatangani Kuasa untuk meminta bantuan hukum pada BAHU. Atas permintaan ini, BAHU yang keseluruhannya adalah Advokat/Pengacara Praktek akan menangani kasus ini secara serius dengan prinsip The Best Interest Of The Child, karena dalam kasus ini terduga Pelakunya adalah anak dibawah umur dan korbannya juga masih anak dibawah umur. sehingga kita harus benar-benar mengikuti koridor UU Perlindungan Anak dan UU Sistem Peradilan Pidana Anak serta UU Pengadilan Anak.

Kasus Kekerasan seksual terhadap anak ini, merupakan fenomena Gunung Es, oleh karenanya kita berharap Pemerintah dalam hal ini Dinas PPA lebih meningkatkan program program penguatan pemberdayaan masyarakat, pengawasan dan perlindungan teradap Anak. Harus pro aktif menekan dan memperkecil faktor-faktor pedukung anak-anak terjebak sebagai pelaku tindak kekerasan seksual seperti ini. Kita di Posko Pengaduan Kekerasan Seksual ini nantinya, berupaya tidak hanya menangani kasus-kasus, tetapi lebih jauh lagi akan melakukan advokasi kebijakan agar lebih baik terhadap Perlindungan Hak hak Anak dan Perempuan, menggandeng pihak pihak stakeholder terkait, pemerintah, pemangku kepentingan lainnya agar bersama-sama melakukan pencegahan kekerasan seksual terhadap anak, menjawab pertanyaan mengapa kasus kekerasan seksual pada anak masih tetap terjadi, tegas Arif yang sejak lama adalah pengiat Perlindungan Hak Anak ini. 



Wakil Ketua Bidang Perempuan dan Anak DPW Partai Nasdem Sumut, Sri RM Simanungkalit mengatakan bahwa pihaknya ada menerima pengaduan dari orangtua korban terkait kasus dugaan pencabulan yang masih dibawah umur. Terduga pelakunya juga masih anak dibawah umur," ujar Sri usai menerima pengaduan ibu korban di Posko Pengaduan Kekerasan Seksual DPW Partai Nasdem Sumut, Rabu (8/6/2022)

Menurut Sri, pengaduan ibu korban segera ditindaklanjuti dengan upaya memberikan pedampingan hukum yang akan dilakukan oleh BAHU. "Ibu korban secara resmi sudah menandatangani Surat Kuasa Khsuus,"Katanya



Pada kesempatan yang sama, Ketua Tim Penasehat hukum BAHU yang akan mendampigi korban, Auli Firdaus SH, mengatakan bahwa BAHU akan melakukan pendapingan dan mengawal kasus ini sampai tuntas, besok Kamis/09/06/2022 kita akan berkoordinasi dengan pihak Unit PPA Polres Binjai untuk mendapingi saksi-saksi dan korban dalam rangka melengkapi BAP. kita berharap pihak kepolisian memberikan perhatian lebih pada kasus ini, sebab ini mencakup masa depan korban, kata Aulia didampingi oleh Zoelfikar, SH.,Abdul Manan, SH beserta Sukadamai Laia, SH.,MH.

Selain itu, BAHU berharap kasus ini bisa dijadikan bahan peringatan dan evaluasi bagi Pemerintah, Masyarakat dan Keluarga tentang pentingnya melakukan pengawasan dan perlindungan pada anak anak kita agar tidak menambah lagi korban-korban dan pelaku yang notbene juga masih anak dibawah umur, tegas Aulia. (AF 007)

Post a Comment

Previous Post Next Post